Workshop Penerapan Elearning MTs Negeri 1 Bojonegoro

Read Time:1 Minute, 44 Second

Belajar jarak jauh sudah menjadi kebutuhan di masa era globalisasi dan era revolusi industri 4.0. MTs Negeri 1 Bojonegoro sebagai satuan kerja dalam bidang pendidikan tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi informasi dan bisa dikatakan wajib untuk menggunakannya. E-learning sudah menjadi suatu kewajiban baik oleh guru maupun siswa apalagi di era pandemi Covid-19 saat ini. Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK telah melunncurkan aplikasi e-learning untuk madrasah dari tingkatan MI-MA sebagai bentuk jawaban atas tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0.

MTs Negeeri 1 Bojonegoro sebagai satu-satunya MTs berstatus negeri di Kecamatan Kota Bojonegoro berusaha untuk menjadi peolopor bagi MTs lainnya yang memanfaatkan e-learning secara online. Dengan di-online-kannya aplikasi elearning ini memberikan kemudahan baik bagi guru maupun siswa dalam menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. E-learning madrasah diciptakan agar pelaksanaan pembelajaran online menjadi lebih tersetruktur dari segi persiapan bahan-bahan mengajar, pengontrolan keaktifan siswa, pelaksanaan penilaian, sampai dengan monitoring dari atasan atas kegiatan e-learning yang dilaksanakan oleh guru.

Untuk lebih memberikan bekal persiapan penggunaan aplikasi e-learning madrasah kepada tenaga guru maka diadakanlah workshop penerapan elearning madrasah pada hari Selasa, 23 Juni 2020 di MTs Negeri 1 Bojonegoro yang diikuti oleh seluruh guru MTs Negeri 1 Bojonegoro (65 guru). Kegiatan workshop ini dibuka oleh Plt. Kepala MTs Negeri 1 Bojonegoro Drs. Abdur Rozaq Z, M.PdI. Harapan dari kepala madrasah adalah setelah kegiatan workshop ini seluruh guru mampu memanfaatkan aplikasi e-learning madrasah dengan baik. “Bapak-ibu bisa menanyakan kepada nara sumber apabila ada kesulitan dalam memanfaatkan elearning, sehingga besok saat tahun pelajaran baru sudah dimulai bapak ibu sudah tidak lagi mengalami kendala yang berarti” ujar Drs. Abdur Rozaq.

Kegiatan workshop elearning ini dipandu oleh Zainul Abidin, S.Pd. selaku nara sumber dari Tim Litbang MTs Negeri 1 Bojonegoro sekaligus operator elearning madrasah yang telah disetujui oleh Tim e-learning madrasah pusat. Dari paparan nara sumber terlihat seluruh guru yang mengikuti sangat antusias untuk  benar-benar bisa memanfaatkan elearning itu dengan baik, ini dibuktikan dengan banyaknya guru yang bertanya tentang beberapa menu yang ada di aplikasi tersebut.

2 1
Happy
Happy
50 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
50 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *