Rapat Akhir Tahun Pelajaran 2019/2020 Dilakukan Dengan Metode Blended Meeting

Read Time:1 Minute, 52 Second

Sabtu tanggal 20 Mei 2020 adalah hari terakhir kegiatan akademik tahun pelajaran 2019/2020 yang diakhiri dengan kegiatan pembagian raport siswa kelas 7 dan 8. Sebelum pembagian raport dilaksanakan MTs Negeri 1 Bojonegoro mengadakan rapat dinas akhir tahun pelajaran 2019/2020 dan rapat kenaikan kelas semester genap pada hari Selasa (2/6/2020).
Saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir sehingga pelaksanaan kegiatan-kegiatan belum bisa dilaksanakan secara normal seperti semula. Termasuk kegiatan rapat dinas hari ini Selasa (16/6/2020) harus dilaksanakan secara campuran (blended meeting). Blended Meeting atau pertemuan campuran adalah kegiatan pertemuan yang menggabungkan 2 metode yaitu pertemuan tatap muka langsung (offline) dan pertemuan jarak jauh (online). Untuk pertemuan tatap muka langsung diikuti oleh guru yang kebagian jadwal kerja di kantor (WFO) sedangkan guru yang sedang kerja di rumah (WFH) mengikuti pertemuan dengan cara online/daring menggunakan fasilitas Zoom.

Ada 50 guru yang menggunakan fasilitas pertemuan secara daring dengan menggunakan Zoom dan 38 lainnya mengikuti pertemuan secara luring. Dalam sambutannya, kepala MTs Negeri 1 Bojonegoro Drs. Abdur Rozaq Z, M.PdI menyampaikan bahwa dalam masa pandemi ini kita harus memaksimalkan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikas. Ini menjadi pilihan terbaik karena saat ini Bojonegoro masih dalam zona merah yang mana zona merah belum bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Elearning yang dimiliki oleh MTs Negeri 1 Bojonegoro harus dimanfaatkan secara optimal guna menunjang kegiatan belajar mengajar secara online.
Dalam kesempatan yang sama pelaksanaan rapat kenaikan kelas dipimpin oleh Drs. Suwandi, M.Si. selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum. Drs. Suwandi memimpin rapat kenaikan kelas dengan meminta wali kelas melaporkan hasil penilaian setiap kelasnya mulai dari kelas 7 sampai kelas 8. Wali kelas yang saat ini bertempat tinggal di luara kota pun menyampaikan laporannya secara online seperti dari Kabupaten Sumenep, Sampang, dan Sidoarjo. Dari hasil rapat tersebut disepakati seluruh siswa naik semua.

 

Kegiatan pertemuan menggunakan metode blended meeting ini tentunya akan mungkin dilaksanakan pada pertemuan-pertemuan yang akan datang misalnya pertemuan awal tahun pelajaran 2020/2021 karena memang pada saat itu dimungkinkan masih dalam masa pandemi Covid-19. Blended meeting ini dimotori oleh Zainul Abidin, S.Pd., S.Kom., MM. selaku guru Informatika MTs Negeri 1 Bojonegoro yang sudah terbiasa mengikuti kegiatan atau diklat-diklat online baik menggunakan Zoom ataupun menggunakan Webex.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *