Hari Pendidikan Nasional

More »

PPDB 2019

More »

 

Hardiknas Momen Penting Untuk Tingkatkan Nilai Moral Individual dan Sosial

Pendidikan semakin tahun semakin maju ini seharusnya menjadi tolok ukur meningkatnya output pendidikan masyasakat Indonesia. Pendidikan yang bertujuan untuk membentuk sikap/moral bangsa  agar berperilaku sopan, saling menghargai, berakhlak mulia serta berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang berakar pada nilai-nilai keagamaan ternyata saat ini belum terlalu mencerminkan sesuai yang dicita-citakan.

Perilaku individu maupun perilaku sosial saat ini masih banyak yang belum sesuai dengan cita-cita pendidikan. Tidak sedikit anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua yang  perilaku individunya belum bisa menghargai orang lain. Mencari-cari kejelekan orang lain, menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya, menghina, menyalahkan orang lain, serta menyerang pihak lain banyak dilakukan oleh masyarakat, ini menunjukkan bahwa perubahan nilai-nilai budi pekerti luhur dalam pendidikan belum benar-benar menyentuh. Pendidikan masih terpaku pada bagaimana mencapai nilai  bagus pada pelajaran-pelajaran ilmu pengetahuan umum. Sedangkan dalam praktik ilmu-ilmu keagamaan dan budi pekeri masih belum mampu diterapkan secara individu.

Dengan semakin luasnya peran teknologi di zaman super modern ini maka semakin luas dan cepat pula penyebaran perilaku-perilaku atau sikap-sikap negatif. Trend ini kadang menjadi acuan bagi masyarakat lain yang sebenarnya belum atau tidak ada niat untuk berperilaku negatif secara individu. Karena Gadgednya setiap hari, setiap jam, setiap detik selalu ada berita-berita yang negatif yang disebarkan atau yang diposting oleh orang-orang tertentu maka ini bisa mempengaruhi individu yang semula perilakunya baik-baik. Mereka mulai meniru ikut marah-marah di media sosial, ikut berkomentar negatif, ikut menyebar berita yang belum tentu benar, ini terus dan terus menyebar sehingga perilaku seperti itu dianggap hal yang biasa padahal itu perupakan bentuk sikap yang tidak sesuai dengan  norma-norm sosial dan norma agama.

Di hari Pendidikan Nasional ini marilah kita jadikan sebagai tonggak lagi untuk meningkatkan lagi nilai-nilai moral individu dan sosial yang sesuai dengan nilai-nilai agama, Pancasila, dan UUD 1945. Perilaku individu yang sering mencemooh, menghujat, menyebar berita bohong, membully, menyalahkan orang lain dan sikap-sikap jelek lainnya harus kita rubah guna membentuk manusia yang bermoral baik, berakhlakuk karimah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>