Hari Pendidikan Nasional

More »

 

H. Syamsuri Berikan 6 Kunci Kesuksesan dalam Acara Haflah Akhirussanah Ke-39

Kankemenag Kab. Bojonegoro baju putih bersama dewan guru MTs Negeri 1 Bojonegoro

MTs Negeri 1 Bojonegoro, Selasa (20/4/19) mengadakan acara Haflah Akhirussanah (HA) Ke-39 di Gedung Serba Guna Bojonegoro. Acara HA ini diadakan dalam rangka pelepasan siswa kelas IX MTs Negeri 1 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Acara yang dihadiri oleh 313 siswa beserta orang tua/wali ini diawali dengan tampilan seni hadrah siswa kelas VII dan VIII. Dalam pelepasan ini juga dihadiri oleh mantan kepala MTs Negeri 1 Bojonegoro Drs. H. Kasnan Wijaya, pengawas madrasah Drs. H. Komarudin, Ketua Komite Drs. H. Wasbir, pejabat desa Sukorejo, dan juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro Drs. H. A. Syamsuri.

Satu persati siswa-siswi yang terkumpul dalam 10 kelas ini maju ke panggung sebagai bagian dari prosesi pelepasan siswa dengan bersalaman dengan para wakil kepala madrasah yaitu Zainul Abidin, S.Pd., S.Kom., MM selaku waka Humas, Khoirurroviq, S.Pd. selaku waka Sarpras, Nur Halimah, S.Pd., M.Pd. selaku waka Kesiswaan, Drs. Suwandi, M.Si. selaku waka Kurikulum dan Kepala Madrasah Drs. H. Masruch, M.MPd. Kepala madrasah juga memberikan kalung berlogo MTs Negeri 1 Bojonegoro sebagai tanda mereka tamat dari MTs Negeri 1 Bojonegoro walaupun secara resmi belum.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro Drs. H. Syamsuri dalam sambutannya berpesan bahwa para orang tua sudah benar menyekolahkan putra-putrinya ke MTs Negeri 1 Bojonegoro karena ini adalah sekolah yang tidak hanya memberikan pengethuan umum saja tapi kemampuan dalam bidang keagamaan juga ditekankan, “Saat ini pendidikan yang dicari masyarakat yaitu pendidikan yang tidak hanya mengedepankan ilmu pengetahuan umum saja, tapi karakter, sikap siswa, dan pemberian bekal ilmu agama merupakan aspek terpenting yang dicari oleh orang tua. Oleh karena itu bapak ibu orang tua sudah benar memilih MTs Negeri 1 Bojonegoro ini sebagai tempat belajar putra putri bapak ibu” ujar H. Syamsuri.

Sementara itu pada lembaga, H. Syamsuri juga berpesan kepada seluruh dewan guru agar dalam mendidik harus menguatkan 3 aspek yaitu penguatan aspek keagamaan, penguatan aspek ilmu pengetahuan dan teknologi, dan penguatan aspek bahasa. Ketiga aspek tersebutlah yang nantinya bias menjadi bekal siswa di masa yang akan dating. Kakankemenag Kab. Bojonegoro juga memberi 6 kunci kesuksesan seperti yang tercantum dalam kitab Ta’limul Muta’allim yaitu:

  1. Kecerdasan harus selalu diasah
  2. Sungguh-sungguh dan semangat dalam belajar
  3. Selalu sabra dari godaan
  4. Diperlukan biaya
  5. Selalu minta petunjuk guru
  6. Dan diperlukan waktu yang lama/panjang.

Itulah pesan yang disampaikan oleh Kankemenag Kabupaten Bojonegoro Drs. H. Syamsur kepada para siswa kelas IX yang telah dipasrahkan oleh Kepala Madrasah kepada Orang Tua Wali murid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>