Hari Pendidikan Nasional

More »

Porseni MTs 2019

More »

 

KH Toha Abrory Ajari Siswa MTs Negeri 1 Bojonegoro Menjadi Orang Sukses

isro', mi'roj, mts negeri, bojonegoroPeringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW diperingati oleh kaum muslim di dunia termasuk di Indonesia. MTs Negeri 1 Bojonegoro juga mengadakan peringatan Isro’ Mi’roj tersebut dengan menggelar Istighosah dan ceramah agama yang diadakan di Musholla Ibnu Sina pada hari Kamis (4/4/19). Acara peringatan Isro’ Mi’roj ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, dan siswa MTs Negeri 1 Bojonegoro dengan menghadirkan penceramah KH Toha Abrory.

Serangkaian acara dilaksanakan dengan diawali tampilan seni hadrah Nurul Musthofa MTs Negeri 1 Bojonegoro sembari menunggu datangnya penceramah (KH. Toha Abrory). Kegiatan Istighosah juga dilaksanakan pada meringatan Isro’ Mi’roj kali ini, Istighosah dipimpin oleh Ustadz Susanto. Tampak seluruh yang hadir mengikuti Istighosah dengan khusu’ sampai selesai. Setelah istighosah dilanjutkan acara inti yaitu ceramah agama yang di sampaikan oleh KH. Toha Abrory.

Kegiatan awal yang dilakukan oleh KH Toha Abrory adalah mengkondisikan seluruh siswa agar tidak ramai saat ceramah disampaikan. Metode yang pakai oleh KH Toha Abrory sangat bagus agar anak-anak bisa tertib, yaitu dengan meminta tangan kanan anak-anak agar diangkat lalu ditepuk-tepukkan ke pundak temannya sambil berdo’a agar temannya tersebut mendapat kebaikan bila bisa tertib dan mendapat sesuatu yang tidak diinginkan bila tidak bisa tertib selama pengajian berlangsung.

Setelah siswa bisa tertib, KH Toha Abrory menyampaikan ceramah yang dipadu dengan motivasi agar bisa hidup sukses di dunia dan di akhirat. “Ada lima hal yang harus dilakukan agar kalian bisa sukses di masa yang akan datang” ujar KH Toha Abrory, hal yang pertama adalah hidup harus mempunyai cita-cita. Bila siswa tidak mempunyai cita-cita maka hidup tidak akan berarti karena tidak mempunyai keinginan, cita-cita harus yang tinggi dan harus yakin dengan cita-cita tersebut akan bisa terwujud. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut harus dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh.

Kedua, menguasai ilmu. Hidup tanpa ilmu, kerja tanpa ilmu, ibadah tanpa ilmu tidak akan bisa mencapai cita-cita yang diinginkan, bahkan bisa menimbulkan keburukan. Seorang dokter yang tidak menguasai ilmu kedokteran dengan baik makan akan berakibat fatal pada pasiennya bahkan bisa menimbukan kematian. Seorang insinyur yang tidak menguasai ilmu juga bisa mencelakakan orang karena bangnan hasil perhitungan teknisnya salah. uUntuk itu bila ingin sukses harus menguasai ilmunya dulu. Oleh karenia itulah pentingnya belajar, pentingnya sekolah.

Ketiga, jangan pernah atau mudah bermasalah dengan Allah. Maksud yang ke dua ini adalah kita tidak boleh melanggar apa yang dilarang oleh Allah. Jangan mudah berbuat dosa, jangan mudah berbuat salah karena dosa akan menghambat cita-cita yang diinginkan. Yang keempat adalah harus mempunyai komunitas atau teman yang baik. “Bila komunitas atau teman kita baik maka Insya Allah kita juga akan menjadi otang yang baik, begitu juga kita bila berteman dengan orang yang sukses maka Insya Allah kita juga bisa sukses” ujar KH Toha Abrory. Bangunlah komunitas yang bisa menjadi menunjang untuk kesuksesan kita.

Yang terakhir adalah Do’a. Apapun yang kita lakukan dan kita usahakan untuk kesuksesan kita harus dibarengi dengan do’a. Kita harus sadar bahwa kesuksesan. “Keberhasilan adalah pemberian Allah untuk itu berdo’alah untuk cita-cita yang kalian inginkan”. Mintalah do’a ibu kalian agar cita-cita yang kalian inginkan mudah tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>